Pemerintah menetapkan aturan baru penerbangan dalam negeri dalam Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan April 2022

1. Setiap calon penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

2. Calon penumpang dengan moda transportasi udara antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. Calon penumpang yang telah vaksin dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

b. Calon penumpang yang telah vaksin dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen (1 x 24 jam) atau hasil negatif tes PCR (3 x 24 jam sebelum keberangkatan)

c. Calon penumpang yang telah vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR (3 x 24 jam sebelum keberangkatan)

d. Calon penumpang dengan kondisi kesehatan khusus (penyakit komorbid) yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR (3 x 24 jam sebelum keberangkatan)  dan melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

e.Calon penumpang dengan usia dibawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.